Welcoming Rajab: Tips Menurunkan Berat Badan
Alhamdulillah, Rajab month is coming.
Tanggal 1 Rajab jatuh tepat di hari Jumat lalu, 8 April 2016. Saya sudah
siap-siap untuk berpuasa nih ceritanya. Sayangnya, karena waktu itu masih ragu
beberapa pemberitaan bilang 1 Rajab jatuh di hari Jumat, ada yang bilang Kamis,
ada juga yang bilang Sabtu. Akhirnya saya putuskan mulai berpuasa Senin minggu
ini. So far so good dan alhamdulillah, pas puasa pas banget dikasih rejeki sama
Allah. Ada aja orang kasih makanan untuk dibawa pulang. Kalau kata orang
rejekinya orang puasa katanya. Amiiin. Nah, di bulan Rajab ini memang banyak
sekali fadhilahnya. Jadi, ngga ada salahnya kan untuk beribadah
sebanyak-banyaknya di salah satu bulan yang dimuliakan ini.
Beberapa orang bahkan sampai berpuasa
10 hari pertama di bulan Rajab sebagai amalan ibadahnya. Nah kalau saya
rencananya mau Senin dan Kamis, tapi kemudian ketagihan. Jadi, sudah 3 hari ini
saya puasa sejak hari Senin. Sedihnya, ternyata harus off puasa dulu mulai hari ini karena berhalangan.
Selain karena sudah lama ingin
membiasakan diri puasa sebenernya juga ada niat terselubung.hahaha Yang ini
jangan ditiru ya. Jadi, sekitar akhir bulan lalu saya mulai merasa ada yang
tidak nyaman dengan diri saya sendiri. Apakah ituuuuu? Nah.....saya mulai
merasa sangat kurang berolahraga dan lemak dimana-mana. Saya awalnya santai
saja meskipun teman-teman yang sudah lama ngga ketemu, kalau ketemu langsung
bilang “Ya ampuuuun, sekarang subur banget” Nah....kan mak jleb gitu rasanya,
nylekit sedikit tapi ya ujung-ujungnya tetep PD dan tetep makan banyak
hahahaha.
Tapi, mulai merasa resah setelah
beberapa kali pakai baju yang semakin hari semakin menyempit, lebih tepatnya
badan saya sih yang membesar hahahaha. Mulai agak panik, apalagi kalau pas
jalan kaki atau naik tangga, setelahnya langsung ngos-ngos an. Beda banget sama
3 tahun kebelakang yang berasa enteng kemana-mana. Mulai ngga nyaman dengan
kondisi itu, akhirnya tibalah turning
point saya. Jadilah saya membuat resolusi tahun 2016 saat itu adalah harus
hidup sehat dan berolahraga.
Tentu banyak kendalanya, pengen tiap
pagi lari keliling komplek depan kos an. Tapi yah....malesnya lebih gede
ternyata. Dan alhamdulillah setelah browsing sana-sini, saya menemukan olahraga
yang cocok, yaitu Zumba. Singkat cerita saya sudah ikut Zumba selama 4 bulan
terakhir dan alhamdulillah termasuk yang rajin ikutan. Alhamdulillah berasa
bedanya, badan lebih enteng dan lebih energik juga. Bonusnya selain dapet sehat
adalah lemak di badan yang pelan-pelan mulai berkurang.
Nah, berhubung di bulan Rajab ini juga
puasa, semakin cepatlah si lemak ini berkurang. Setelah dipikir-pikir, diet
yang cepet juga bisa dilakukan dengan berpuasa lho. Tapi inget ya...niat
puasanya tetep untuk ibadah, insyallah langsingnya bakal ngikutin. Tapi makanan
juga harus diatur. Paling tidak, pas buka puasa makan secukupnya. Ingat ya...”secukupnya”...ngga
lebih dan ngga kurang. Kan...Allah ngga suka segala sesuatu yang berlebihan J
Nah...mungkin tips berpuasa di bulan
Rajab ini bisa jadi salah satu alternatif teman-teman yang merasa kurang nyaman
dengan lemak di badan. Buat saya sih yang penting sehat, asal tidak berlebihan
lemak. Jadi yang pas-pas aja dan jangan menyiksa diri. Semoga bermanfaat ya, tetap sehat dan kecantikan yang utama itu ada dalam diri kita. So....stay beautiful and healthy ya.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)

No comments:
Post a Comment