Welcoming Rajab: Tips Menurunkan Berat Badan



Alhamdulillah, Rajab month is coming. Tanggal 1 Rajab jatuh tepat di hari Jumat lalu, 8 April 2016. Saya sudah siap-siap untuk berpuasa nih ceritanya. Sayangnya, karena waktu itu masih ragu beberapa pemberitaan bilang 1 Rajab jatuh di hari Jumat, ada yang bilang Kamis, ada juga yang bilang Sabtu. Akhirnya saya putuskan mulai berpuasa Senin minggu ini. So far so good dan alhamdulillah, pas puasa pas banget dikasih rejeki sama Allah. Ada aja orang kasih makanan untuk dibawa pulang. Kalau kata orang rejekinya orang puasa katanya. Amiiin. Nah, di bulan Rajab ini memang banyak sekali fadhilahnya. Jadi, ngga ada salahnya kan untuk beribadah sebanyak-banyaknya di salah satu bulan yang dimuliakan ini.

Beberapa orang bahkan sampai berpuasa 10 hari pertama di bulan Rajab sebagai amalan ibadahnya. Nah kalau saya rencananya mau Senin dan Kamis, tapi kemudian ketagihan. Jadi, sudah 3 hari ini saya puasa sejak hari Senin. Sedihnya, ternyata harus off puasa dulu mulai hari ini karena berhalangan.

Selain karena sudah lama ingin membiasakan diri puasa sebenernya juga ada niat terselubung.hahaha Yang ini jangan ditiru ya. Jadi, sekitar akhir bulan lalu saya mulai merasa ada yang tidak nyaman dengan diri saya sendiri. Apakah ituuuuu? Nah.....saya mulai merasa sangat kurang berolahraga dan lemak dimana-mana. Saya awalnya santai saja meskipun teman-teman yang sudah lama ngga ketemu, kalau ketemu langsung bilang “Ya ampuuuun, sekarang subur banget” Nah....kan mak jleb gitu rasanya, nylekit sedikit tapi ya ujung-ujungnya tetep PD dan tetep makan banyak hahahaha.

Tapi, mulai merasa resah setelah beberapa kali pakai baju yang semakin hari semakin menyempit, lebih tepatnya badan saya sih yang membesar hahahaha. Mulai agak panik, apalagi kalau pas jalan kaki atau naik tangga, setelahnya langsung ngos-ngos an. Beda banget sama 3 tahun kebelakang yang berasa enteng kemana-mana. Mulai ngga nyaman dengan kondisi itu, akhirnya tibalah turning point saya. Jadilah saya membuat resolusi tahun 2016 saat itu adalah harus hidup sehat dan berolahraga.

Tentu banyak kendalanya, pengen tiap pagi lari keliling komplek depan kos an. Tapi yah....malesnya lebih gede ternyata. Dan alhamdulillah setelah browsing sana-sini, saya menemukan olahraga yang cocok, yaitu Zumba. Singkat cerita saya sudah ikut Zumba selama 4 bulan terakhir dan alhamdulillah termasuk yang rajin ikutan. Alhamdulillah berasa bedanya, badan lebih enteng dan lebih energik juga. Bonusnya selain dapet sehat adalah lemak di badan yang pelan-pelan mulai berkurang.

Nah, berhubung di bulan Rajab ini juga puasa, semakin cepatlah si lemak ini berkurang. Setelah dipikir-pikir, diet yang cepet juga bisa dilakukan dengan berpuasa lho. Tapi inget ya...niat puasanya tetep untuk ibadah, insyallah langsingnya bakal ngikutin. Tapi makanan juga harus diatur. Paling tidak, pas buka puasa makan secukupnya. Ingat ya...”secukupnya”...ngga lebih dan ngga kurang. Kan...Allah ngga suka segala sesuatu yang berlebihan J


Nah...mungkin tips berpuasa di bulan Rajab ini bisa jadi salah satu alternatif teman-teman yang merasa kurang nyaman dengan lemak di badan. Buat saya sih yang penting sehat, asal tidak berlebihan lemak. Jadi yang pas-pas aja dan jangan menyiksa diri. Semoga bermanfaat ya, tetap sehat dan kecantikan yang utama itu ada dalam diri kita. So....stay beautiful and healthy ya.

No comments:

Post a Comment